Mengubah Limbah Cair PKS Menjadi Jutaan Dollar

Limbah cair Pabrik Kelapa sawit, yang selama ini ditampung di kolam-kolam pembuangan, ternyata tidak dimanfaatkan. Bahkan terbuka peluang menghasilkan jutaan dollar dari pengelolaannya.
Menurut Hendricus Hutabarat, Country Manager Indonesia di GenPower Carbon Solution, limbah ini bisa diproses menjadi biogas yang kemudian dimanfaatkan menjadi bahan bakar untuk membangkitkan listrik di pabrik. Jadi bisa bermanfaat untuk mengurangi penggunaan BBM.
Namun keuntungan yang diperoleh tidak hanya berhenti sampai di situ. Ternyata pengelolaan limbah cair sawit menjadi sebuah aktivitas dengan potensi pengurangan carbon hingga 30.000 – 55.000 CER per tahun tergantung dari kapasitas pabrik dan limbah yang dihasilkan. Sehingga berpotensi untuk mendapatkan penghasilan dari hingga jutaan Dollar perdagangan carbon melalui mekanisme Clean Development Mechanism (CDM).

CDM adalah satu-satunya mekanisme dibawah Kyoto Protocol, yang menawarkan win-win solution antara negara maju, dengan negara berkembang dalam rangka pengurangan emisi gas rumah kaca (GHGs). Melalui hubungan ini, negara maju menanamkan modalnya di negara berkembang dalam proyek-proyek yang dapat menghasilkan pengurangan emisi GHGs, dengan imbalan CER (Certified Emission Reductions).
GenPower Solution merupakan salah satu perusahaan yang dapat membantu perkebunan kelapa sawit untuk mendapatkan manfaat dari CDM melalui pengelolaan limbah cair . Adapun investasi pelaksanaan proyek pengelolaan limbah dan biogas nantinya akan dibayarkan dari Carbon Kredit. "Melalui kerjasama ini perusahaan kelapa  sawit bisa mendapatkan manfaat berupa pasokan biogas, penanganan limbah yang lebih baik, pengurangan polusi udara, dan mendapatkan share keuntungan dari carbon trade”, ungkap Hendrikus.
Adapun kapasitas pabrik yang layak untuk dimasukkan dalam proyek CDM melalui pengelolaan limbahnya minimal 45 ton. Proyek yang akan dikerjakan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari PBB terlebih dahulu sebelum dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dari CDM. “GenPower Solution sendiri menargetkan 100 proyek biogas dari limbah cair pabrik kelapa sawit dengan nilai investasi 2 – 3 juta USD per proyek”, ungkap Hendricus.

Sumber : http://www.mediaperkebunan.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar