Sifat-Sifat yang Diperlukan Dalam Bekerja

Sering terjadi, dua orang memiliki keterampilan/kecerdasan sama, tapi tingkat keberhasilannya dalam bekerja berbeda. Beberapa hal perlu ditambahkan dalam diri anda untuk mencapai kondisi kerja yang baik :

  1. KOMITMEN DAN DEDIKASI
    Tanpa dedikasi terhadap pekerjaan, segala masalah, hambatan dan kesulitan akan sulit diatasi. Commited (bersedia bekerja keras) pada pekerjaan dan menyelesaikan pekerjaan sepenuh hati adalah kunci penting untuk berhasil dalam bekerja.
  2. MERASA BERKEPENTINGAN DENGAN ORGANISASI
    Kecintaan yang besar pada pekerjaan akan terungkap ketika anda membicarakan pekerjaan dengan teman atau keluarga. Umumnya atasan akan memberikan otonomi dan kepercayaan yang lebih besar pada orang seperti ini untuk bekerja sendiri karena tanpa pengawasanpun ia akan bekerja dengan baik, tulus dan jujur.
  3. BERANI DAN GIGIH
    Mau mencoba terus hingga berhasil dalam pekerjaan. Perlu keberanian untuk menerima kegagalan dan melakukan sesuatu yang beda dari yang diharapkan. Cari tahu hal baik yang bisa dijalankan dan dipertahankan, dan buang kebiasaan lama yang buruk.
  4. PERCAYA DIRI
    Anda tidak bisa bekerja dengan baik jika anda penakut. Lepas dari atasan setuju atau tidak, bicara jika ada hal-hal yang bertentangan dengan pandangan anda akan membuat atasan dan teman kerja lebih menghargai anda. Mereka akan lebih tenang karena tahu mereka bisa mengandalkan anda untuk bicara jika suatu tugas berjalan secara tidak benar.
  5. RASA MEMILIKI DAN TANGGUNG JAWAB
    Rasa ikut memiliki adalah mengerjakan fungsi tertentu di dalam organisasi dengan sedemikian baiknya sampai pekerjaan itu menjadi keahlian anda. Selesaikan sebaik mungkin semua tugas, sekecil dan seremeh apapun itu.
  6. JEMPUT BOLA
    Jangan menjadi pegawai yang hanya duduk-duduk dan menunggu hingga atasan memberikan tugas kepada anda. Tunjukkan kemampuan kerja lewat inisiatif, tindakan, kualitas pekerjaan dan usaha ekstra. Raih segala sesuatu dengan kerja keras. Buat segala sesuatu menjadi lebih mudah bagi atasan anda dengan mendapatkan hak untuk diberi tanggung jawab tambahan.
  7. TERUS BELAJAR DAN BERLATIH
    Coba untuk menjadi pelajar yang rajin, selalu siap untuk belajar dan menerima hal-hal yang baru dan bersifat positif.

Sumber : http://disnakertransduk.jatimprov.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar